Jalan-Jalan Ke Candi Muaro Jambi

Candi apa yang terluas se-Asia Tenggara? Borobodur di Jawa Tengah atau Angkot War di Kamboja? Bukan dua-duanya.  Ternyata candi terluas tersebut adalah Candi Muaro Jambi, yang terletak di Provinsi Jambi Indonesia.  Lokasinya secara spesifik ada di Timur Laut Kota Jambi, sekitar 45 menit jika menggunakan kendaraan darat.  Jadi kalau jalan-jalan ke Jambi, wajib hukumnya menyempatkan waktu buat mampir ke candi ini.

Sebenarnya, saya jalan-jalan ke Candi Muaro Jambi pas tahun lalu, tapi karena saya lagi suka banget nulis tentang traveling sejak didaulat buat ngisi rutin di Hello Palembang, saya jadi punya hasrat buat nulis tentang ini di blog pribadi saya. Apalagi karena sekarang saya sedang berada di Jambi, saya terpikir pas aja kalau sekarang saya promosiin salah satu tempat wisata kota ini.  Prinsip saya, Indonesia itu kaya dan indah, jadi sudah jadi tugas kita buat saling mempromosikan tempat yang kita kunjungin, supaya banyak yang tahu. Setuju?

151
Saya di Candi Gumpung, bersandar di Makara-nya yang berbentuk khas

Kompleks Candi Muaro Jambi merupakan salah satu wilayah andalan kota Jambi, yang mulai dikenal juga baik di dalam maupun di luar negeri.  Saya inget banget waktu saya main ke candi ini, saya ketemu dengan arkeolog dari UGM dan dari Kamboja yang lagi ngelakuin research.  Apalagi katanya, candi ini sekarang sedang digadang-gadang sudah masuk ke daftar tentatif World Heritage.

Kompleks Candi Muaro Jambi sangat luas. Kompleks situs ini mempunyai luas sebesar 260 hektar yang membentang searah dengan jalur sungai. Itu artinya luasnya dua belas kali luas kompleks Candi Borobudur atau dua kali luas kompleks Angkor Wat.  Kompeks candi ini terdiri sekitar  82 buah candi yang belum semuanya terindentifikasi dan masih berbentuk gundukan tanah.  Nah, dari jumlah tersebut baru ada sekitar dua belas candi yang memiliki nama, antara lain Candi Kotomahligai, Candi Kedaton, Candi Gedong Satu, Candi Gedong dua, Candi Gumpung, Candi Tinggi, Candi Kembar Batu, Candi Astano, Candi Teluk Satu, Candi Teluk Dua dan Candi Sialang.

Sumber: JalanBlog(dot)Wordpress(dot)Com
Sumber: JalanBlog(dot)Wordpress(dot)Com
144
Bagus ya lokasinya?
129
Candi Tinggi
114
Sayang sekali saya lupa ini namanya candi apa hehehe
109
Kolam kuno yang diberi nama “Telago Rajo”

Sejarah candi ini tidak terlepas dari dua kerajaan besar yang ada di Jambi, yaitu Kerajaan Melayu Kuno, yang kemudian dilanjutkan dengan Kerajaan Sriwijaya.  Konon katanya, candi ini dibangun pada saat Kerajaan Melayu Kuno pada abad ke 4, dan kemudian pemanfaatannya digunakan pada zaman Kerajaan Sriwijaya (Abad ke-7).  Penemuan kembali candi ini diperkirakan pada tahun 1824 oleh seorang Letnan Inggris bernama S. C. Crooke, namun sempat tidak ditindaklanjuti sebelum akhirnya diambil alih pemerintah sekitar tahun 1975.  Pada 22 September 2011, Presiden SBY secara resmi meresmikan candi ini sebagai tempat wisata terpadu.

Ketika datang ke candi ini, saya hanya sempat menjelajah ke bagian depan candi saja, mengingat saya waktu itu pergi bersama rombongan yang akan pulang ke Jogja. Saya belum sempat ke candi yang terletak cukup jauh dari pintu masuk, yaitu candi di Koto Mahligai. Katanya di candi tersebut masih banyak sekali Menapo dan reruntuhan kuno yang dikelilingi pohon berukuran raksasa.

muaro jambi4
Suasana candi di Koto Mahligai yang banyak dikelilingi pohon berukuran raksasa
Masyarakat sekitar menyewakan sepeda dengan tarif 10-20 ribu rupiah
muaro jambi3
Kanal kuno yang dulunya digunakan oleh masyarakat setempat sebagai sarana transportasi antar candi. Rencananya akan dipugar sehingga pengunjung pada nantinya bisa menikmati keindahan alam dan candi dari atas perahu. Asyik banget kan?

Jadi karena kemarin belum sempat menjelajah lebih jauh, saya ingin banget suatu saat datang lagi ke sini, terus sewa sepeda dan menjelajah ke candi yang lebih jauh letaknya. Ada yang tertarik jalan-jalan ke Candi Muaro Jambi bersama saya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s