Saya, Internet, Blog, dan Sosial Media.

“Kapan pertama kali kamu nge-blog?”

Jika pertanyaan itu ditujukan kepada saya, saya akan jawab sekitar 9 tahun yang lalu, sekitar tahun 2004 waktu saya lulus SMA dan merantau ke Jogja buat bimbel masuk universitas.  Blog saya pertama kali itu masih nebeng di indosiar.com kalo ga salah, terus saya mulai bikin blog di friendster, yang sekarang udah ga bisa diakses lagi.  Terus setelah itu saya mulai aktif ninggalin jejak tulisan di sosial media, mulai dari yang udah ga bisa diakses lagi kayak multiply, posterous, sampai ke blogspot dan wordpress.

Setelah perjalanan ribet saya di media per-blog-an, alhamdulillah sekarang  blog yang saya jaga sejak September 2009 punya rumah baru.. Saya pindahin domain dan hosting-nya ke sini, setelah sebelumnya juga pindah-pindah terus.. Fyuuuhhh dan Taraaaa!! Selamat datang di rumah baru sayaaaa…. yeyeyeye!! Happy Papooooy!! 😀

Satu hal yang bikin saya akhirnya migrasi balik lagi ke platform wordpress, saya itu suka banget utak-atik blog saya sendiri.  Saya suka bosan dengan tampilan yang gitu-gitu aja, saya suka cari themes gratisan, dan karena saya juga ga gitu paham kode html, jadi saya maunya yang banyak pilihan tapi ga ribet install-nya.

Jadi  ceritanya, blog ini saya beli domain dan hosting-nya di http://rumahweb.com, terus saya minta sama teknisnya via livechat buat pakein platform wordpress.  Terus sebenernya buat proses import- export isi blog ini sebenernya pernah saya lakuin di Februari 2011, tapi karna kemarin saya males, saya minta tolong aja sama mas-mas teknisnya rumahweb.com.  Btw, ini saya bukan lagi promosi lho, tapi overall saya suka aja sama pelayanan mereka.  Saya pikir wajar-wajar aja sebagai konsumen buat mengapresiasi kalau mereka merasa puas buat jasa atau produk tertentu, betul?

Back to blog, sebelumnya saya juga baru aja abis utak-atik blog psikologi yang saya kelola bersama sahabat saya.  Buat temen-temen yang kenal saya pasti udah familiar kalo saya sering promosi blog konsultasi online http://yukcurhatyuk.web.com.  Saya pikir, saya pengen @ycurhat  ini bisa konsisten melayani dan berbagi, makanya saya minta izin buat partner saya buat pindahin rumahnya.  Niatnya sih biar kita selalu semangat nulis.  Ibaratnya kalau rumahnya udah bagus dan rapi, pasti kita betah kan ya berada di rumah tersebut.  Terus setelah rumah curhat kami rapi, saya tergelitik donk buat rapiin rumah saya sendiri.  Ibaratnya kantornya udah rapi, saya pengen rumah saya ikutan rapi.

Lalu kenapa buat ngerapiin rumah aja saya kudu pindah rumah?  Ya itu balik lagi, saya kurang begitu paham dan familiar sama kode html.  Saya juga sadar kalau saya ga gitu kreatif, yang kurang bisa mikirin warna-warni font, background image, dsb.  Saya kesulitan buat costumize theme blog lama saya.  Setelah seharian utak atik, saya nyerah.  Kembali ke perihal selera sih, saya balik lagi ke wordpress.  Simple, tinggal googling theme, pilih, download dan install deh.  Tapi ya itu, wordpress yang bisa install theme itu setau saya yang hosting dan domain berbayar, kalau yang gratisan saya belum nemu caranya.

Beruntungnya saya, saya sahabatan sama ahli IT di sini.  Saya recokin aja tuh dia buat kasih tutorial kalo saya bingung.  Kalau saya masih bingung, saya nanya sama Mbah Google. Misalnya, waktu ngurusin blog curhat, saya tanya sama Mbah: “Mbah, caranya buat bikin contact form gimana?” Terus dikasih deh tutorial sama Mbah Google. 😀

Selain itu karena hobi utak-atik, saya jadi tau caranya bikin contact us form. Saya jadi tau beda nyata domain dan hosting.  Saya juga jadi tau apa itu PANDI, yang ternyata bukan cuma nama orang.  Saya juga belajar apa itu bedanya antara .com, .co.id., .web.id., dsb.  Buat yang pengen tau juga, silakan klik link di bawah ini:

Cara Membuat Contact Us Form

Apa Itu Hosting dan Domain?

Perbedaan .com .im .id

Kalau temen-temen pengen tutorial yang lain, sebenernya tinggal tanya sama si Mbah.  Lumayan banyak dan mudah dimengerti koq. Pada dasarnya saya minat dan hobi sama yang gini-ginian, jadi saya suka-suka aja belajarnya.  Kesimpulan yang saya ambil dari perjalanan saya dengan blog, sosial media, dan internet adalah: hidup itu memang sebuah proses.  Begitu juga dengan kehidupan di dunia maya.  Saya suka geli lho baca postingan lama saya, status facebook saya yang udah lama,  bahkan saya juga geli liat foto-foto plus captions yang saya posting jaman dulu kala. :p

Akhir kata, hidup memang sebuah proses pembelajaran.  Bahkan dari hal-hal kecil begini pun kita terus belajar.  Tetap semangat!

Advertisements

2 Comments Add yours

  1. Nike Rasyid says:

    Akhirnya yaaaaaaaa……

    Like

    1. emeldah says:

      masih banyak yang nak ditanyoke lho ke… misal, kayakmn bikin contact@emeldah.my.id kayak nike@rasyid.net, dan caro bikin subdomain.. be aware ya nikeee :)))

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s